Blog

16 January 2023

Perputaran Ekonomi dan UMKM di Daerah Terus Tumbuh, Ini Contohnya

Jakarta - Meningkatkan dan menjaga kegiatan ekonomi di daerah jadi hal yang penting dilakukan agar membuat pertumbuhan ekonomi nasional bisa melesat. Pemerintah daerah harus punya strategi untuk bisa meningkatkan perekonomian di wilayahnya, salah satunya seperti di Kabupaten Kolaka Timur.


Pemkab Kolaka Timur sendiri mempunyai program andalan yaitu Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat (Gemas) yang diresmikan November 2022. Program tersebut merupakan terobosan pembangunan yang terintegrasi dalam mewujudkan tiga visi dan misi pemerintah Kabupaten Kolaka Timur.

Dalam menjalankan program tersebut Pemkab Kolaka Timur mencengangkan untuk meningkatkan kawasan strategis guna mewujudkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dan menyusun kawasan sektor jasa dengan berkembang nya UMKM dan Pertanian.

Pemerintah sendiri sudah mengotorkan program UMKM di Kolaka Timur lebih dari 2.000 ribu paket untuk masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya, bahkan bantuan tidak pandang bulu kaum disabilitas juga mendapatkan bantuan untuk mengembangkan UMKM.

Selain itu, Pemkab Koltim juga mengadakan satu dekade Koltim yang diisi dengan bazar UMKM hingga pentas budaya. Bupati Kolaka Timur Abdul Azis mengatakan, tidak hanya pesta yang meriah di satu dekade koltim, tetapi membawa dampak juga bagi perputaran ekonomi khususnya di bidang UMKM.

"Dampak dari event ini (HUT 10 Tahun Koltim), perputaran ekonomi masyarakat Kolaka Timur naik pesat terutama bidang UMKM," ucapnya.

Azis mengungkapkan kebahagiaan masyarakat bukan hanya di hiburan nya saja, tetapi di perputaran nya roda ekonomi yang berdampak positif bagi masyarakat.

"Masyarakat Koltim merasa bahagia dan bersyukur karena terselenggara acara ini, berdampak kepada perputaran roda ekonomi,"kata Azis.

Sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6519119/perputaran-ekonomi-dan-umkm-di-daerah-terus-tumbuh-ini-contohnya