News

25 April 2022

Dorong UMKM, Kemenparekraf Genjot Belanja Produk Dalam Negeri

Jakarta - Pemerintah sedang gencar mendorong belanja produk dalam negeri alih-alih harus impor. Kemenparekraf turut andil dalam langkah tersebut.


Melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), Kemenparekraf bersama kementerian/lembaga, pemerintah daerah, serta BUMN turut memborong produk-produk lokal karya UMKM. Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, dari 2 juta lapangan kerja baru, lebih dari 90 persen merupakan UMKM.

Dari 17 subsektor ekonomi kreatif, setidaknya ada 3 subsektor yang diunggulkan Kemenparekraf yakni kuliner, kriya, dan fashion. Produk-produk dari ketiga subsektor ini diharapkan dapat diserap pemerintah. Misalnya penggunaan fashion lokal di pemerintahan atau perusahaan-perusahaan BUMN.

"Langkah aksi afirmasi ini merupakan kolaborasi yang sangat kolosal melibatkan kementerian, lembaga, pemda dan juga melibatkan BUMN. Ini saatnya kita mengambil kesempatan sehingga produk ekraf akan memicu kebangkitan ekonomi. 20 juta tenaga kerja ekraf akan semakin berkualitas dengan afirmasi ini," ujar Sandiaga.

Sebelumnya, Sandiaga juga menyebut aksi afirmasi dalam pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri dalam rangka BBI itu berpotensi meningkatkan transaksi pembelian produk dalam negeri sebesar Rp 400 triliun pada 2022.

Selain itu, Sandiaga juga memperkirakan pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri melalui e-katalog atau toko online berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga 2 persen.

Sumber: https://travel.detik.com/travel-news/d-6049777/dorong-umkm-kemenparekraf-genjot-belanja-produk-dalam-negeri.