News

28 October 2019

Ikut TEI 2019, Batik UMKM Kebanjiran Permintaan Ekspor

Perhelatan Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 dimanfatkan juga pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mendapat pasar baru. Ajang pameran ini telah digelar pada pekan lalu di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City.

 

Beragam produk buatan Indonesia berlomba-lomba memikat para peserta ajang tahunan berskala internasional tersebut. Wajar saja, acara rutin Kementerian Perdagangan (Kemendag) ini kerap didatangi pembeli dari kalangan importer dan distributor kelas kakap baik dari dalam maupun luar negeri.

 

Pemilik Kembang Tjelup asal Yogyakarta, Rini Kartika mengaku mendapat beberapa peminat dari luar negeri. Produk aksesoris dan fashion bertema lokal dan ramah lingkungan buatannyadiklaim berhasil memikat pengunjung TEI baik dari dalam maupun luar negeri.

 

“Sudah ada pengunjung dari Namibia dan Eropa yang minta proposal dan penawaran produk Kembang Tjelup selama pameran. Kita akan lanjutkan prosesnya dulu, semoga bisa deal,” jelas Rini di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

 

Hal yang sama dirasakan Inin Silviana Nurul Hadi, Pemilik Kilisuci Batik mengaku telah mendapat calon pembeli potensial dari dalam dan luar negeri sepanjang perhelatan TEI 2019.

“Sudah ada yang beli buat sampel dari Kedutaan Besar Nigeria dan Zimbabwe. Saya tawarkanproduk yang akan laku di Negara mereka kira-kira apa supaya barang yang dibeli dari sini harus aris, paling diminati bentuknya topi dan pashmina. Tapi ini kan masih sampel, kalau bisakerjasama nilai transaksinya pasti lumayan besar,” ungkap Inin.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bank BRI karena telah mengajak kami ikut berpartisipasidi acara ini. Banyak manfaat yang bisa kami dapatkan selama mengikuti pameran ini selainpembeli potensial dari dalam dan luar negeri kami juga mendapat wawasan terkait bisnis secaralebih luas,” lanjut Rini.

Inin dan Rini merupakan UMKM binaan Rumah Kreatif BUMN dan program Indonesia Mall dari Bank BRI. Indonesia Mall dibangun melalui kerja sama BRI dengan e-commerce untukmendorong UMKM go-online yang berhasil membuka pasar UMKM binaan dari yang tadinyahanya terbatas di wilayahnya menjadi lebih luas ke seluruh Indonesia bahkan hingga kepelosok.

Produk-produk unggulan dari UMKM mitra binaan BRI dapat langsung dibeli di e-commerce rekanan seperti Qoo10, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blanja.com dan Blibli.com.

Sumber : Liputan 6 https://www.liputan6.com/bisnis/read/4091926/ikut-tei-2019-batik-umkm-kebanjiran-permintaan-ekspor