News

22 October 2021

Startup Teknologi Gandeng Kargo Udara Tekan Ongkos Logistik

Masalah dasar logistik di Indonesia terutama berkaitan dengan biaya tinggi dan durasi pengiriman yang lama karena sebagian besar perusahaan logistik/forwarding hanya menggunakan kombinasi solusi logistik laut dan darat. Trade-off akan menjadi biaya tinggi untuk pengiriman lebih cepat, sebaliknya.

Kondisi kepulauan Indonesia membutuhkan mobilitas dan aksesibilitas moda transportasi yang tinggi untuk proses logistik. Ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi solusi logistik masa depan. Peluang tersebut yang mendasari PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) dan PT Aviasi Jaya Indonesia berkolaborasi. Kedua perusahaan melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama pada Senin (27/9). Perjanjian itu diteken oleh Sony Rachmadi Purnomo selaku Direktur Utama PT Global Sukses Solusi dan Giovanni Henggar Setyantoro selaku Direktur PT Aviasi Jaya Indonesia. Momen tersebut disaksikan pula oleh perwakilan manajemen kedua belah pihak, Febri Diansyah (Komisaris, PT Global Sukses Solusi Tbk), Nizar (Direktur, PT Global Sukses Solusi Tbk) dan Sofyan Danu Siswantoro (Komisaris, PT Aviasi Jaya Indonesia) dan Nadeem Abdur Rasheed (CTO, PT Aviasi Jaya Indonesia). PT Aviasi Jaya Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang sistem informasi teknologi untuk penyediaan layanan air cargo marketplace dengan merek dagang AVTER. 

Sony menyampaikan bahwa kerjasama ini akan dapat menambah fitur dan layanan yang didapatkan pengguna RUN System melalui integrasi system khususnya di modul logistik dan distribution dengan ekosistem cargo dan logistik yang dimiliki avter dan mileapp. Hal tersebut akan otomatis memperluas ekosistem RUN System melalui kolaborasi. Di sisi lain, Giovanni menyampaikan bahwa dari kolaborasi ini pihaknya berharap dapat menjembatani layanan pengiriman secara port of port sebagai bagian dari ekosistem logistik yang akan dibangun bersama RUN System. "Kami mengembangkan booking system untuk layanan cargo baik pesawat komersil maupun pesawat kargo," ujar Giovanni. Sebelumnya, masih dalam rangka membidik optimalisasi sektor logistik, pada Juni 2021 lalu, RUNS juga telah bekerjasama dengan MileApp, platform yang mengedepankan teknologi pada navigasi dan adaptive workforce management. Tidak hanya di Indonesia, MileApp juga memiliki pengguna di Australia. Dengan menggabungkan keunggulan dari masing-masing pihak, kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kemudahan serta optimalisasi proses logistik barang sejak pengiriman hingga barang diterima. 

Sumber: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5747453/startup-teknologi-gandeng-kargo-udara-tekan-ongkos-logistik