Blog

28 April 2023

Cara Mengimpor Barang dari Luar Negeri dengan Mudah

Mengimpor barang dari luar negeri bisa menjadi cara yang baik untuk memperluas bisnis Anda dengan mendapatkan bahan atau material terbaik dari luar negeri ataupun untuk mendapatkan barang yang tidak tersedia di dalam negeri karena produksinya hanya ada di luar dan Anda ingin menjadi satu-satunya distributor di Indonesia.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai proses impor. Dalam artikel ini, Uniair Cargo akan membahas tiga langkah penting untuk mengimpor barang dari luar negeri.

1. Mengetahui Peraturan Impor

Sebelum memulai proses impor, penting untuk memahami peraturan dan persyaratan impor di negara Anda. Anda harus memeriksa dokumen dan izin yang diperlukan, seperti izin impor, sertifikat kesehatan, dan dokumen bea cukai. Anda juga harus memeriksa pajak dan bea masuk yang berlaku untuk barang impor. Pastikan untuk memeriksa apakah ada pembatasan impor untuk barang tertentu.

Anda harus mengetahui tentang HS Code dari barang yang ingin Anda belanjakan. Termasuk di antaranya adalah memahami proses clearing bea cukai untuk tipikal barang tersebut. Peraturan impor dan kebijakan bea cukai masing-masing negara bisa saja berbeda, oleh karenanya penting bagi Anda dalam mempelajari dan melakukan riset terlebih dahulu tentang barang yang ingin Anda beli dan peraturan untuk mengimpornya.

Misalnya saja, ada kebijakan tertentu untuk handle pengiriman barang berbahaya (dangerous goods). Jadi, Anda harus mengetahui dengan baik peraturannya untuk kontainer harus berada di suhu berapa jika Anda ingin mengimpor daging, atau kontainer harus menggunakan tipe apa, seperti itu harus diriset.

2. Memilih Supplier Yang Tepat

Memilih supplier yang tepat sangat penting untuk memastikan bahwa barang yang diimpor berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan. Anda harus melakukan penelitian dan membandingkan beberapa supplier sebelum memutuskan untuk memilih satu. Pastikan untuk memeriksa ulasan dan referensi dari supplier tersebut. Selain itu, pastikan bahwa mereka memiliki pengalaman dalam mengirim ke negara Anda dan memahami prosedur bea cukai yang diperlukan.

Ini sangat penting sekali, jadi selain Anda harus mengecek kualitas barangnya, Anda juga harus mengecek terkait pengalamannya dalam mengirimkan barang ke luar negeri termasuk tujuannya ke negara Anda. Jangan sampai Anda terkena tipu oleh supplier gadungan, periksa kelengkapan dokumen mereka dan pastikan jangan sampai ada yang terlewat. Pokoknya tanyakan semua tentang kebutuhan bisnis Anda kepada supplier dan periksa apakah mereka memahaminya atau tidak.

3. Memilih Metode Pengiriman yang Tepat dan Forwarder Terpercaya

Setelah memilih supplier yang tepat, Anda harus memilih metode pengiriman yang tepat untuk barang impor Anda. Ada beberapa opsi pengiriman yang tersedia, seperti pengiriman udara, laut, atau darat. Setiap metode pengiriman memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-msaing, dan Anda harus memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Pengiriman melalui udara memungkinkan barang Anda untuk sampai dengan cepat, tapi diiringi dengan biaya yang mahal. Sementara, pengiriman barang melalui laut memerlukan waktu yang lebih lama untuk sampai, tapi biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah.

Pastikan Anda memilih forwarder terpercaya, seperti misalnya Uniair Cargo yang telah dipercaya brand-brand besar seperti Xiaomi, Samsung, Lenovo, Mattel, Adidas, Busana Apparel, dan masih banyak lagi untuk kebutuhan ekspor dan impor, serta proses customs clearance. Kami juga sebagai Freight Forwarder memiliki gudang yang tersebar di hampir seluruh kota-kota besar di Indonesia.

Gunakanlah jasa Uniair Cargo jika Anda ingin mengekspor ataupun mengimpor barang. Apalagi ditambah dengan pengalaman Uniair Cargo sebagai freight forwarder lebih dari 33 tahun, tentu saja ini menjadi nilai lebih untuk Anda yang ingin kemudahan dan kelancaran dalam proses pengiriman barang Anda.