Potensi Ekspor Komoditas Cabai dan Negara Tujuannya


September 04, 2023


Potensi ekspor komoditas cabai sangat tinggi peminatnya, bahkan nilai pasarnya mencapai lebih dari Rp 20 triliun per tahunnya. Hal ini tentu saja dapat membantu bisnis untuk melihat data dan mempertimbangkan keputusan dalam menjadi eksportir cabai ke mancanegara.

Dilansir dari UKM Indonesia, potensi ekspor komoditas cabai sangatlah besar. Pasalnya, cabai atau sambal bisa menjadi alat untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya Indonesia sembari menjadi cadangan devisa.

Kementerian Pertanian atau Kementan pun mendorong tumbuhnya Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) yang berkualitas. Hal tersebut dikarenakan pengembangan KEP memegang peranan penting dan merupakan bagian integral untuk mendukung industri pertanian secara menyeluruh.

Melalui program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP), pemerintah pun berhasil menumbuhkan 117 KEP.

Pertumbuhan KEP sendiri pun berjalan lurus dengan potensi ekspor komoditas cabai yang tinggi. Pasalnya, bisnis cabai selama tiga tahun terakhir terbilang menguntungkan selama bisa membaca pasar dan melihat kondisi lapangan.

Jenis cabai yang diekspor

Untuk mengetahui potensi ekspor komoditas cabai, Anda juga perlu mengetahui jenis cabai yang bisa diekspor.

Menurut website Pertanian, cabai yang diekspor ataupun yang diimpor dibedakan menjadi 2 wujud, yakni:

  • Cabai segar: cabai segar atau dingin. Cabai yang masih belum melalui proses dikirim ke Indonesia atau diekspor ke negara tujuan dalam kondisi segar atau dingin.
  • Cabai olahan: cabai olahan merupakan wujud dari cabai yang diawetkan sementara, dikeringkan, dihancurkan, atau ditumbuk.

Di Indonesia sendiri, wujud cabai yang biasa menjadi bahan ekspir adalah wujud cabau olahan.

Besarnya variasi cabe atau cabai olahan yang berbentuk sambal di Indonesia bisa menjadi salah satu potensi komoditas menarik untuk diekspor.

Lalu kira-kira, mana saja negara yang memiliki potensi besar untuk menjadi tujuan ekspor komoditas cabai di Indonesia? Simak selengkapnya!

Negara tujuan ekspor cabai

Negara tujuan ekspor cabai tentunya perlu memiliki masyarakat yang memiliki kultur penyuka rasa pedas.

Namun, negara tujuan ekspor cabai juga bisa ke negara yang memiliki penduduk Indonesia terbesar.

Ada beberapa negara yang menampung banyak warga Indonesia sebagai pekerja di sana. Negara tersebut adalah:

1. Asia Tenggara

Warga Indonesia banyak yang menyebrang ke negeri Asia Tenggara lain untuk bekerja. Hal ini pun bisa menjadi potensi ekspor komoditas cabai yang tinggi.

Tercatat, WNI yang berada di Malaysia setidaknya berjumlah 450 ribu orang. Sementara itu, jumlah migran Indonesia di Singapura setidaknya berjumlah 90 ribu orang.

2. China

Tak bisa dipungkiri, China menjadi salah satu negara favorit bagi WNI untuk mencari rezeki. Hal ini terbukti dari, setidaknya terdapat 150 ribu WNI yang menjadi pekerja migran di negara tersebut.

3. Australia

Negara tetangga, Australia, juga memiliki potensi yang besar untuk menjadi negara tujuan ekspor cabai.

Pasalnya, hampir 50 ribu orang Indonesia tinggal dan memiliki pekerjaan di Australia.

4. Belanda

Warga negara Indonesia yang menetap dan bekerja di Belanda pun relatif banyak. Memiliki keterikatan dengan Indonesia di masa lalu, ada sekitar 70 ribu WNI yang tinggal dan bekerja di Belanda.

5. Amerika Serikat

Tak bisa dipungkiri bahwa Amerika Serikat adalah negara tujuan dari banyak orang Indonesia untuk bekerja dan juga menetap.

Amerika Serikat sendiri bisa menjadi negara potensi ekspor komoditas cabai yang tinggi. Tercatat, lebih dari 50.000 orang Indonesia yang menjadi pekerja di negara Paman Sam tersebut.

6. Pakistan

Meski jumlah WNI di Pakistan tidak bisa dibilang banyak, namun negara ini bisa menjadi tujuan ekspor cabai yang baik. Memiliki makanan daerah yang kaya akan rempah, Pakistan pernah mengimpor cabai dari Indonesia sebanyak 21 ton di tahun 2020 lalu.

7. Jepang

Meski masyarakat Jepang tidak menyukai rasa yang pedas, namun potensi ekspor komoditas cabai ke Jepang bisa dibilang sangat tinggi. Pasalnya, ada tercatat ada 83 ribu lebih WNI yang tinggal dan bekerja di Jepang.

Potensi ekspor komoditas cabai memang bisa dibilang relatif tinggi mengingat banyaknya orang Indonesia yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Tak hanya itu, ada banyak sekali negara yang memiliki kultur penyuka makanan besar seperti India, Bangladesh, dan lain sebagainya. Jadi, apakah Anda tertarik menjadi eksportir cabai ke berbagai negara yang sudah disebutkan di atas?

Jika Anda tertarik menjadi eksportir dan ingin mengekspansi bisnis Anda ke luar negeri, percayakanlah pada jasa forwarder terpercaya yang sudah berpengalaman selama lebih dari 33 tahun seperti PT Uniair Indotama Cargo. Hubungi kami melalui WhatsApp untuk inquiry lebih lanjut.

Ekonomi dan Bisnis

MAY 11, 2023

5 Produk dari Indonesia yang Paling Banyak Diekspo...

Ekonomi dan Bisnis

DECEMBER 01, 2023

Apa Itu Bisnis Ritel dan Apa Saja Jenis Bisnis Rit...

Ekonomi dan Bisnis

NOVEMBER 13, 2023

Jenis-Jenis Pajak di Indonesia Terbaru 2023