7 Cara Memperluas Jangkauan Pasar Bisnis
Mempelajari cara memperluas jangkauan pasar akan menjadi sangat menguntungkan untuk Anda yang sedang merintis bisnis. Terlebih, jika market Anda merasa sudah stuck alias tidak bisa lagi bertumbuh.
Dengan memperluas jangkauan pasar bisnis, tentu akan meningkatkan peluang pertumbuhan bisnis Anda. Hal tersebut pun pastinya akan menambah keuntungan yang didapatkan.
Meski demikian, cara memperluas jangkauan bisnis tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa langkah dan juga ketentuan yang bisa Anda gunakan untuk memperluas market Anda.
Hal tersebut pun membuat cara memperluas jangkauan pasar bisnis menjadi sebuah tantangan tersendiri. Apalagi jika Anda memiliki modal dan kapasitas sumber daya manusia yang terbatas.
Setiap langkah pun harus dilakukan secara cermat agar Anda bisa mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Lalu, bagaimana cara memperluas jangkauan pasar bisnis yang sesuai? Simak selengkapnya di sini!
Seperti yang sudah disebutkan, ada beberapa cara memperluas jangkauan pasar bisnis yang patut Anda lakukan. Jangan sampai Anda mengalami kerugian karena terlalu terburu-buru ingin memperluas jangkauan pasar bisnis Anda.
Dilansir dari Indeed, berikut beberapa cara memperluas jangkauan pasar bisnis yang bisa Anda lakukan. Poinnya adalah:
Cara memperluas jangkauan pasar bisnis yang pertama adalah melakukan analisa terhadap pasar dan juga pesanan pelanggan. Hal tersebut dikarenakan, Anda perlu mengetahui dan memahami pasar dengan hal-hal yang selama ini mereka butuhkan.
Lakukanlah analisa mendalam menggunakan data penjualan selama ini. Dari situ, Anda bisa mengetahui preferensi pelanggan. Setelahnya Anda perlu mengetahui tren yang ada di pasar dan kompetitor yang hadir.
Anda bisa memahami kebutuhan pelanggan dan menyediakan produk yang mereka butuhkan dengan mengidentifikasi segmen pasar. Jangan sampai Anda sudah menyediakan produk namun ternyata hal tersebut tidak dibutuhkan oleh customer, ya.
Cara memperluas jangkauan pasar bisnis selanjutnya adalah dengan memperbanyak jenis produk atau memperkaya layanan. Anda bisa menawarkan produk atau layanan lain dan menjangkau market yang selama ini belum tersentuh.
Misalnya Anda memiliki bisnis kopi yang suda besar. Jika hasil analisa sebelumnya menunjukkan pasar menyukai teh, tak ada salahnya Anda menjual variasi teh ke dalam produk jualan Anda. Hal ini tentu bisa menarik segmen pasar yang berbeda.
Membuka cabang atau ekspansi geografis juga bisa menjadi salah satu cara memperluas jangkauan pasar bisnis. Hal ini pun merupakan langkah penting yang bisa menambah penghasilan Anda.
Jika Anda sudah berhasil menguasai pasar lokal, Anda bisa mulai mempertimbangkan membuka cabang di daerah lain untuk menjangkau pasar yang selama ini tidak tersentuh.
Kendati demikian, perbedaan bahasa, budaya, dan juga kebiasaan bisa menjadi salah satu tantangan tersendiri ketika berbicara mengenai penyesuaian. Jadi, akan lebih baik jika Anda pun melakukan analisa preferensi pasar sebelum membuka cabang di daerah berbeda.
Promosi pun kerap dijadikan salah satu cara untuk memperluas bisnis. Jika Anda sudah memiliki produk baru atau membuka cabang di tempat baru, tak ada salahnya memanfaatkan metode promosi untuk memperkenalkan produk Anda.
Tidak hanya offline, kini Anda bisa melakukan promosi online di berbagai platform agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi.
Menyewa jasa influencer atau mengiklankan produk Anda di sosial media pun dapat menjadi salah satu cara yang dicoba.
Cara memperluas bisnis selanjutnya adalah dengan juga memperluas atau memperbanyak metode pembayaran. Terlebih, dewasa ini, banyak orang yang sudah tidak membawa uang cash.
Metode pembayaran cashless dengan transfer atau QRIS pun bisa menjadi salah satu cara untuk memperluas pangsa pasar Anda.
Cara memperluas jangkauan pasar bisnis selanjutnya adalah dengan menjalin mitra atau kolaborasi. Melakukan kerjasama atau menjalin kemitraan dengan bisnis lain bisa membuat bisnis Anda semakin dikenal.
Anda pun bisa saling bertukar pasar dengan perusahaan lain yang akan diajak kerjasama. Hal ini tentu akan memberikan keuntungan tersendiri.
Poin terakhir dalam memperluas jangkauan pasar bisnis adalah dengan memperluas tempat penjualan. Jika Anda berpikir bahwa jualan hanya bisa dilakukan secara offline, mungkin memasarkan produk secara online di berbagai platform bisa menjadi salah satu cara.
Seperti pedagang di Tanah Abang, misalnya. Berkat majunya teknologi dan munculnya banyak platform penjualan, para pedagang pun mulai berganti alur penjualan.
Tak jarang para pedagang memanfaatkan eCommerce untuk menjangkau pasar orang-orang yang di luar Jakarta. Hal ini tentu bisa sangat menguntungkan. Pasalnya, Anda seperti bisa mengelola 2 toko dalam satu waktu.
Anda bisa melayani pelanggan yang hadir secara fisik ke toko, namun di waktu yang hampir bersamaan, Anda juga bisa menyiapkan pesanan pelanggan online untuk dikirimkan.
Cara memperluas jangkauan pasar bisnis memang tidak mudah. Kendati demikian, Anda perlu melakukannya dengan konsisten untuk bisa mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.