Apa Itu Bisnis Ritel dan Apa Saja Jenis Bisnis Ritel di Indonesia?


December 01, 2023


"Apa itu bisnis ritel?" mungkin menjadi pertanyaan ketika Anda baru saja mempelajari tentang penjualan barang atau jasa.

Tak bisa dipungkiri, kata ritel menjadi hal yang kerap kali diperbincangkan dalam dunia bisnis. Namun, apakah Anda sudah memahami sepenuhnya arti dari bisnis yang satu ini?

Di era ekonomi yang semakin berkembang ini, bisnis ritel menjadi salah satu yang menjanjikan. Bisnis jenis ini pun berbeda dengan bisnis grosiran.

Ritel menjadi sebuah istilah yang cukup luas dan meliputi bisnis dalam skala besar. Industri yang berjalan di bidang ritel sendiri telah mempekerjakan ratusan ribu pegawai dan menghasilkan setidaknya hampir setengah dari porsi ekonomi (GDP) Indonesia.

Bisnis ritel sendiri pun menjadi bagian terakhir dari rantai persediaan produk. Oleh karena itu, mengetahui definisi dan fungsi bisnis ritel sangatlah penting.

Lalu, apa itu bisnis ritel? Apa saja fungsinya sehingga bisnis ini menjadi sangat penting? Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Apa Itu Bisnis Ritel?

Bisnis ritel adalah bisnis yang melibatkan penjualan barang dan juga jasa kepada konsumen dalam jumlah satuan atau eceran untuk konsumsi pribadi.

Konsumen yang membeli produk ini pun mengonsumsi atau menggunakannya untuk kepentingan pribadi dan tidak untuk dijual kembali.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bisnis ritel dan grosir memiliki perbedaan yang mencolok. Jika konsumen produk ritel membeli produk untuk dikonsumsi pribadi, lain halnya dengan pembeli grosiran.

Biasanya pembeli produk bisnis grosiran akan menjual kembali produk yang dibeli. Hal ini pun membuat dampak dari harga barang ritel dan grosiran menjadi berbeda.

Apa Fungsi Bisnis Ritel?

Jika Anda sudah mengetahui arti dari bisnis ritel, Anda pun perlu mengetahui fungsi dari bisnis yang satu ini.

Dilansir dari [HSBC](https://www.hsbc.co.id/1/PA_esf-ca-app-content/content/indonesia/personal/offers/news-and-lifestyle/files/articles/html/201906/memahami-apa-itu-bisnis-retail-dan-karakteristiknya.html#:~:text=Pada dasarnya%2C bisnis ritel adalah,pribadi dan tidak menjualnya kembali.), setidaknya ada 4 fungsi bisnis ritel. Apa saja fungsinya? Ini penjelasannya.

Membantu promosi produk

Menawarkan produk kepada konsumen secara maksimal adalah salah satu fungsi bisnis ini. Hal itu menyebabkan bisnis ritel di jenis apapun selalu memiliki tenaga penjualan sales dan marketing, katalog produk, dan juga customer service.

Bisnis ritel sendiri pun tidak hanya tentang menjual barang. Bisnis ini melakukan promosi barang dengan serius serta melakukan edukasi konsumen mengenai produk yang dijualnya.

1. Konsumen lebih mudah dapat produk

Fungsi bisnis ritel selanjutnya adalah sebagai perantara agar konsumen bisa lebih mudah membeli barang. Konsumen tentu saja tidak mungkin membeli barang langsung dari pabrik, bukan?

Fungsi ritel di sini adalah agar konsumen menjadi lebih mudah membeli barang secara satuan dan menyediakan berbagai jenis barang dalam satu lokasi yang sama.

2. Observasi terhadap pasar

Bisnis ritel sendiri memiliki hubungan langsung dengan konsumen. Hal itu membuat ritel menjadi ujung tombak agar bisa mengetahui trend pasar serta perilaku konsumen.

Bisnis jenis ini pun bisa mendapatkan feedback atau timbal balik langsung dari konsumen. Hal itu membuat ritel bisa memberikan hasil observasinya kepada produsen.

3. Ujung tombak pemasaran produk

Bisnis ritel sendiri menjadi bagian akhir dari supply chain barang dari produsen ke konsumen.

Fungsi bisnis ritel sangat penting agar produsen bisa fokus melakukan produksi barang dan tidak perlu terganggu oleh banyaknya usaha agar bisa menghadapi konsumen dengan baik.

Jika bisnis ritel tidak ada, produsen pun perlu memikirkan cara agar bisa menghasilkan produk yang bisa bersaing dengan produk lain ketika berhubungan dengan konsumen.

Hal ini tentu saja akan menghabiskan waktu dan mengacaukan fokus utama produsen sebagai pihak yang memproduksi barang.

Jenis Bisnis Ritel

Setelah mengetahui definisi dan tujuannya, Anda pun perlu mengetahui jenis-jenis bisnis ritel yang bisa Anda temukan berdasarkan kategorinya.

Berikut jenis bisnis ritel berdasarkan kategori:

1. Berdasarkan kepemilikan

Jenis bisnis ritel berdasarkan kepemilikan terbagi dalam 3 jenis, yakni waralaba, retail mandiri, dan kelompok usaha.

Untuk waralaba atau franchise, itu adalah jenis retail yang memasarkan produk serupa dan biasanya terdiri dari perusahaan perusahaan juga perusahaan turunan.

Sementara retail mandiri biasanya berjalan secara independen tanpa bergantung pada pihak lain seperti warung, ruko, atau kelontong.

Yang terakhir adalah kelompok usaha. jenis ritel menunjukkan sebuah kelompok perusahaan ritel yang saling berkaitan dan berada dalam satu manajemen, misalnya pasar swalayan atau departement store.

2. Berdasarkan produk jualan

Jenis bisnis ritel selanjutnya dikategorikan berdasarkan produk jualan. jika Anda melihat produk yang mereka jual, maka biasanya kategori ini terbagi menjadi 3 jenis yakni produk atau barang, layanan atau jasa, dan non store retail.

Untuk kategori ritel yang menjual produk, biasanya berupa toko mainan atau elektronik yang memasarkan produk lebih sedikit dibandingkan pusatnya.

Sementara jika menjual jasa, produk yang dijual berupa perawatan taman, pengasuh anak, perbaikan kendaraan, layanan sopir, dan lain sebagainya.

Dan jenis non store retail sendiri biasanya berbentuk vending machine atau berbagai macam toko online yang bergabung di dalam eCommerce.

3. Berdasarkan lokasi penjualan

Kategori terakhir adalah berdasarkan lokasi penjualan. Jenis retal ini biasanya memiliki akses langsung ke jalanan umum. Contoh dari jenis retail ini adalah mall atau lahan komersial lainnya.

Ritel adalah salah satu bisnis yang penting untuk para produsen. Keberadaannya sangat membantu produsen untuk mengembangkan produk atau jasa yang disediakannya.

Tak bisa dipungkiri, memulai bisnis ritel memerlukan perencanaan bisnis yang matang dan modal yang tidak sedikit. Dengan dibuatnya artikel tentang bisnis ritel ini, diharapkan Anda dapat mengetahui mengenai potensi dar bisnis ritel itu sendiri di Indonesia dan bagaimana cara mengeksekusi strategi yang tepat untuk memulai bisnis ritel yang menguntungkan.

Jika bisnis ritel Anda membutuhkan jasa logistik freight forwarder untuk mengekspor atau mengimpor barang, maka Anda bisa percayakan Uniair Cargo sebagai partner logistik Anda. Uniair Cargo adalah perusahaan freight forwarder yang telah berpengalaman selama lebih dari 34 tahun dalam menangani pengiriman kargo dan kepabeanan dari beberapa perusahaan multinasional yang telah memercayai Uniair Cargo. Hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut.

Ekonomi dan Bisnis

FEBRUARY 12, 2025

How to Manage Finances in the Logistics Industry t...

Ekonomi dan Bisnis

MAY 22, 2023

Wood Waste Business in Indonesia: Challenges and E...

Ekonomi dan Bisnis

MAY 18, 2024

Understanding Trade Deficit and Its Impact on the...