Potensi Ekspor Briket Batu Bara serta Negara Tujuan Ekspornya


September 14, 2023


Peluang ekspor briket batu bara menjadi salah satu model bisnis multinasional yang disebut-sebut menjanjikan dengan untung yang besar. Pasalnya Indonesia yang memang kaya akan hasil bumi terbukti mampu menghasilkan batu bara yang berkualitas dalam kuantitas yang banyak.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada kuartal I 2023, nilai ekspor batu bara di Indonesia mencapai US$10,1 miliar atau jika dikonversi ke rupiah berkisar Rp150 triliun. Nominal ini tentu saja bukan angka yang kecil, namun seperti bisnis pada umumnya, tentu saja peluang ekspor briket batu bara juga memiliki risiko.

Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum terjun melihat peluang ekspor briket batu bara? Artikel ini akan menjelaskannya.

Mengambil Peluang Ekspor Briket Batu Bara

Sebelum Anda menerjunkan diri pada ekspor briket batu bara, Anda mungkin tertarik untuk menekuni bisnisnya terlebih dahulu.

Briket batu bara merupakan benda padat yang berfungsi sebagai bahan bakar. Briket batu bara dapat digunakan sebagai pengganti minyak tanah atau pun bahan pembakar lainnya.

Dengan adanya keterbatasan persediaan minyak sebagai bahan bakar, briket batu bara banyak dilirik sebagai alternatif yang tepat, terlebih di Indonesia sendiri potensi batu bara memang cukup tinggi melihat geografi negara kita yang kaya akan mineral.

Mengapa briket batu bara dianggap lebih baik?

  • Briket batu bara dianggap sebagai bahan pembakaran yang lebih baik karena beberapa alasan berikut:
  • Briket batu bara tidak mudah meledak seperti minyak tanah sehingga lebih aman.
  • Briket batu bara memiliki penyebaran panas yang lebih merata dan efisien.
  • Briket batu bara lebih aman karena memproduksi emisi gas CO yang lebih sedikit.
  • Briket batu bara menyisakan ampas bakaran lebih sedikit dibandingkan kayu bakar.
  • Briket batu bara lebih mudah digunakan tanpa perlu dipantau sering-sering.

Negara Tujuan Ekspor Briket Batu Bara

Setelah melihat potensinya, selanjutnya adalah memetakan kemana briket batu bara tersebut akan diekspor?

Pasalnya dengan kualitas yang baik, briket batu bara asal Indonesia merupakan komoditas yang cukup banyak diperebutkan. Beberapa negara yang menjadi potensi dari ekspor briket batu bara antara lain Timur Tengah, Jepang, Tiongkok, Korea, Eropa, dan Amerika.

Timur Tengah merupakan pasar yang cukup seksi karena kebutuhannya akan briket batu bara sebagai bahan bakar rokok pipa yang terus meningkat. Semakin populernya produk ini, maka secara kebutuhan pun akan semakin tinggi.

Sedangkan pada pasar Tiongkok dan Jepang, briket batu bara masih digunakan sebagai salah satu pemanas ruang spa tradisional. Rasa panas dari briket batu bara dianggap lebih efektif dan juga lebih otentik dibandingkan pemanas dengan listrik.

Dan dari pasar Eropa, Amerika, serta Korea, kebutuhkan briket batu bara sebagai bahan pemanggang maupun pemanas ruangan juga tinggi. Mengingat ketiganya memiliki 4 musim cuaca, membuat permintaan akan briket batu bara setiap tahun tidak akan sepi.

Keuntungan dari Ekspor Briket Batu Bara

Melihat banyaknya negara yang dapat menjadi tujuan dari ekspor briket batu bara, tidak heran bisnis ini sering disebut memberikan untung yang banyak. Pasalnya untuk setiap transaksi digunakan kurs mata uang asing yang menjembatani dari negara ke negara lain.

Selain itu, semakin luas jaringan penyebaran ekspor briket batu bara, semakin dikenal pula Indonesia sebagai penghasil briket terbaik. Tentunya hal ini juga akan meningkatkan lebih banyak lagi penawaran kerja sama antar negara.

Kendala dari Ekspor Briket Batu Bara

Kita telah mempelajari keuntungan dari mengambil peluang ekspor briket batu bara, namun bukan berarti bisnis ini tidak memiliki risiko.

Risiko yang paling sering terjadi ialah sulitnya menemukan pihak logistik yang mau memuat barang ini dikarenakan jenisnya yang mudah terbakar.

Jika Anda tertarik untuk melakukan ekspor produk ini, pastikan Anda menemukan jasa logistik yang tepat dengan jaminan keamanan produk sampai ke tujuan.

Selain itu perihal kelengkapan dokumen, persiapan audit, dan verifikasi tempat produksi juga ada kalanya menjadi kendala bagi pebisnis briket batu bara.

Itulah serba-serbi jika Anda ingin mengambil peluang ekspor briket batu bara. Tentu setiap bisnis ada plus dan minus-nya, tinggal bagaimana kita meningkatkan potensi dan mengurangi setiap faktor risiko.

Jika Anda sedang mencari supply chain berpengalaman, Anda dapat menghubungi kami yang sudah terbukti kualitasnya lebih dari 33 tahun dengan sertifikat AEO, kami selalu siap membantu Anda. Dapatkan jaminan keamanan sekaligus penawaran terbaik dengan menghubungi contact@uniaircargo.co.id.

Ekspor-Impor

JANUARY 30, 2024

PEB Ekspor: Definisi, Tujuan, Manfaat, dan Cara Me...

Ekspor-Impor

AUGUST 28, 2023

Berapa Lama Pengiriman Kargo dari China ke Indones...

Ekspor-Impor

FEBRUARY 20, 2024

Kenapa Barang Saya Ditahan Bea Cukai? Ini Alasanny...